Dokter Syok Dengar Ibu Obati Sariawan Bayi Pakai Air Kencing

Loading...

Dokter Syok Dengar Ibu Obati Sariawan Bayi Pakai Air Kencing
Dream - Sebagai negara yang majemuk seperti Indonesia, masyarakat Malaysia juga mempercayai hal-hal tahayul yang diturunkan dari generasi ke generasi.
Kalangan orang tua biasanya akan memberi nasihat dan petuah yang terkadang susah untuk dinalar pasangan zaman sekarang.
Salah satunya adalah petuah yang mengatakan bahwa air kencing bayi bisa menyembuhkan sariawan sang bayi itu sendiri.
Melalui Facebook, dokter Muhammad Izzat mengunggah petuah yang cukup menyesatkan dan bisa mengakibatkan masalah baru pada bayi.
Disebutkan bahwa seorang wanita mendapat petuah dari almarhum ibunya tentang cara mengobati sariawan pada anaknya.
" Sekarang semua bayi memakai pampers (popok sekali pakai) sehingga susah mendapatkan yang ada air kencingnya. Jadi ambil pampers yang masih bersih, usapkan pada pampers yang ada air kencing bayi. Setelah itu sapukan pampers tadi ke mulut dan lidah anak. Bacakan sholawat. Insya Allah dengan izin Allah akan sembuh (dari sariawan)."Benarkah Sariawan Sembuh dengan Air Kencing Bayi?Mendengar petuah tersebut, dokter Izzat sangat tidak setuju dengan takhayul semacam itu. Karena sariawan oral adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak.Selain itu, sariawan oral juga bukan penyakit yang membahayakan karena itu hanya merupakan infeksi jamur pada lidah dan mulut.Dokter Izzat kemudian membeberkan beberapa fakta tentang sariawan oral ini di laman Facebooknya:
  1. Sariawan adalah infeksi jamur umum dan telah menyerang 1 dari 20 bayi.
  2. Bayi berusia 4 minggu lebih rentan mengalami sariawan.
  3. Bayi yang lahir prematur juga memiliki potensi yang tinggi mengalami infeksi jamur ini.
  4. Jamur penyebab sariawan bukan termasuk yang membahayakan. Sehingga tidak perlu melakukan apapun karena akan hilang dengan sendirinya.
  5. Cara mencegahnya cukup dengan menjaga kebersihan mulut dan lidah bayi, terutama ketika menyusui.
  6. Jika sariawan sudah parah, bisa langsung ke dokter anak. Biasanya dokter akan memberikan obat anti-jamur berbentuk krim.
  7. Jamur sariawan ini terkadang juga bisa menginfeksi sang ibu selama menyusui. Jika menemukan payudara bengkak, kemerahan hingga terjadi perdarahan, maka dianjurkan memeriksakan diri ke dokter.

Air Kencing Bukan Obat Sariawan untuk Bayi

Sekali lagi, dokter Izzat mengatakan bahwa air kencing bayi bukan obat untuk mengatasi sariawan pada bayi.
Terkadang ada ibu-ibu yang mencoba untuk menghapus lapisan putih pada lidah dengan serbet bersih sehingga lapisannya muncul.
Dokter Izzat mengatakan lapisan itu bukan sariawan tapi hanyalah kelebihan air susu ibu. Sariawan oral tidak akan hilang meski digosok dengan serbet atau sendok.
Seringkali dokter Izzat menganjurkan ibu-ibu yang anaknya sariawan untuk lebih percaya pada dokter daripada petuah yang sifatnya tahayul.
(Sah, Sumber: World of Buzz)

Loading...
LihatTutupKomentar